Faktor-Faktor Produksi
Pengertian Faktor Produksi
Faktor-faktor produksi adalah sumber daya yang digunakan
dalam proses produksi barang atau jasa. Sumber daya atau faktor-faktor produksi
tersebut dari :
1. Men (Manusia)
i. Buruh (labour)
ii. Manajerial skill / entrepreneurship.
2. Money (uang) atau modal
3. Materials
4. Machine (mesin)
5. Market (pasar)
1.
Men (Manusia)
Faktor manusia atau tenaga kerja memegang peranan penting dalam proses
produksi, dalam kaitannya dengan berbagai macam kemampuan maupun jumlah dan
distribusinya.
Manusia atau tenaga kerja ini berdasarkan keahlian dan pendidikannya,
terdiri dari :
·
Tenaga kerja kasar (buruh), dengan karakteristik
sebagai berikut :
-
Tidak berpendidikan
-
Berpendidikan rendah
·
Tenaga kerja terampil, dengan karakteristik
memiliki keahlian/pengalaman kerja atau pendidikan, seperti montir motor,
tukang kayu, ahli reparasi dan lain-lain.
·
Tenaga kerja terdidik (manajerial skill),
memiliki pendidikan yang tinggi dan ahli dibidang tertentu, misal dokter,
sarjana ekonomi, hukum, sarjana teknik dan lain-lain.
2.
Money (uang) atau modal
Modal adalah seluruh aktiva perusahaan yang dipergunakan untuk
menghasilkan pendapatan.
3.
Materials
Material yang dimaksud disini adalah tanah dan sumber daya alam.
Material yang dimaksud disini adalah tanah dan sumber daya alam.
4.
Machine (Mesin)
Semua peralatan (mesin) yang dipergunakan dalam proses produksi.
Semua peralatan (mesin) yang dipergunakan dalam proses produksi.
5.
Market (Pasar)
Pasar dalam arti konkrit adalah tempat terjadinya transaksi/jual beli. Dalam pengertian luas adalah saat terjadi transaksi antara pembeli dan penjual.
Pasar dalam arti konkrit adalah tempat terjadinya transaksi/jual beli. Dalam pengertian luas adalah saat terjadi transaksi antara pembeli dan penjual.
Permintaan dan Penawaran
Permintaan adalah kesediaan dan kemampuan pembeli untuk barang dan jasa (Boone & Kurtz:2002). Penawaran adalah kesediaan dan kemampuan penjual dalam menyediakan barang dan jasa untuk dijual.
Permintaan adalah kesediaan dan kemampuan pembeli untuk barang dan jasa (Boone & Kurtz:2002). Penawaran adalah kesediaan dan kemampuan penjual dalam menyediakan barang dan jasa untuk dijual.
Ada beberapa faktor yang
mempengaruhi permintaan, antara lain :
1.
Harga
Harga adalah salah satu faktor yang terpenting yang mempengarurhi permintaan. Menurut hukum permintaan; apabila harga turun maka harga permintaan naik, sebaliknya apabila harga naik maka permintaan turun.
Harga adalah salah satu faktor yang terpenting yang mempengarurhi permintaan. Menurut hukum permintaan; apabila harga turun maka harga permintaan naik, sebaliknya apabila harga naik maka permintaan turun.
2.
Pendapatan per kapita.
3.
Selera konsumen
Agar suatu bisnis berhasil, pihak manajemen harus mampu melihat faktor yang mempengaruhi permintaan barang dan jasa yang akan diijual.
Agar suatu bisnis berhasil, pihak manajemen harus mampu melihat faktor yang mempengaruhi permintaan barang dan jasa yang akan diijual.
Faktor-faktor yang mempengaruhi
penawaran, yaitu :
1.
Kesediaan dan kemampuan dunia bisnis untuk
menyediakan barang dan jasa pada harga yang berbeda.
2.
Harga barang.
Persaingan adalah perlombaan antar perusahaan untuk
mendapatkan sumber daya atau pelanggan yang sama. Persaingan juga merupakan
salah satufaktor yang mempengaruhi kekuatan bisnis. Macam-macam persaingan :
1.
Persaingan Murni (Pure Competition)
Adalah struktur pasar dimana sejumlah besar pembeli dan penjual saling
menukarkan produk yang homogeni sehingga tidak ada partisipan yang tunggal
dimiliki pengaruh signifikan terhadap harga (Boone & Kurtz : 2002). Harga
dibentuk oleh pasar itu sendiri sebagai kekuatan interaksi permintaan dan
penawaran.
2.
Persaingan Monopolistik (Monopolistic
Competition)
Adalah struktur pasar dimana sejumlah besar pembeli dan penjual saling
menukarkan produk yang relatif berbeda sehingga setiap peserta memiliki
tertentu atas harga.
3.
Oligopoli
Adalah struktur pasar dimana penjual sedikit namun berskala sangat besar
yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi harga.
4.
Monopoli Pasar atau Industri
Dimana
hanya ada satu produsen yang dapat menetapkan harga produk-produknya.
Referensi : Dr. Herry
Achmad Buchory, SE.MM dan Drs. H. Djaslim Saladin, Pengantar Bisnis, Linda
Karya.
Komentar
Posting Komentar